TTS Materi Mobilitas Sosial Kelas 8
Assamu'alaikum.
Kembali lagi, Admin mau berbagi perangkat TTS buat rekan guru IPS kelas 8 semua yang mungkin bisa menjadi alternatif penggunaan perangkat penilaian di kelas. Tema TTS kali ini adalah membahas tentang mobilitas sosial. Seperti biasa di bawah postingan ini Admin telah menyediakan link download perangkat TTS lengkap beserta kunci jawabannya.
Sumber: https://shmadyweb.blogspot.com
Silahkan dibaca-baca terlebih dahulu gambaran perangkat penilaian tersebut di bawah ini.
A. Kosa Kata
MOBILITAS | STRATA | PAUL | SINKING | CLIMBING | HORIZONTAL |
KASTA | STRUKTURAL | INDIVIDU | SOSIAL | EKONOMI | POLITIK |
PENDIDIKAN | KEMISKINAN | DISKRIMINASI | ORGANISASI | PROFESI | OSIS |
IDI | PGRI | KOPERASI | PARTAI | IKHLAS | INTEGRASI |
KONFLIK | PSIKOLOGIS |
B. Form Teka Teki Silang Materi Mobilitas Sosial
I. Mendatar
- Berikut pertanyaan mendatar:
1. Pembedaan perlakuan seseorang terhadap orang lain disebabkan adanya perbedaan suku, ras, agama, maupun golongan
5. Gerak berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain
7. Organisasi ekonomi yang dapat menjadi saluran mobilitas sosial
12. Terpilihnya Budi sebagai kepala desa setelah melewati pekerjaan sebagai ketua RT merupakan bentuk mobilitas sosial yang didorong oleh faktor ....
14. Wadah bagi siswa untuk melakukan mobilitas sosial
15. Penerimaan dan penyesuaian terhadap unsur-unsur berbeda dalam sistem sosial masyarakat sehingga menimbulkan terjadinya kesatuan
17. Proses penurunan status sosial orang-orang ke status sosial yang lebih rendah disebut social ....
19. Salah satu faktor yang mendorong terjadinya mobilitas sosial
20. Suatu gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya atau gerak pindah dari strata yang satu ke strata yang lainnya merupakan pengertian menurut ....
21. Salah satu sikap lapang dada yang harus ditanam dalam diri seseorang untuk menghadapi dampak negatif mobilitas sosial
22. Suatu wadah tempat berkumpulnya orang-orang dan bekerja sama secara rasional dan sistematis untuk mencapai tujuan bersama
24. Perkumpulan orang-orang yang berprofesi guru yang dapat menjadi sarana saluran mobilitas sosial
25. Bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan atau keahlian khusus
II. Menurun
- Berikut pertanyaan menurun:
2. Terangkatnya Umar menjadi ketua OSIS karena oleh teman-temannya ia dianggap memiliki etos kerja dan disiplin tinggi merupakan contoh terjadinya mobilitas sosial yang didorong oleh faktor ....
3. Sistem sosial dalam masyarakat beragama Hindu yang menggunakan struktur tertutup
4. Salah satu faktor yang menghambat terjadinya mobilitas sosial
6. Saluran yang nyata dari mobilitas sosial dan dianggap sebagai social elevator
8. Organisasi politik yang dapat djadikan saluran mobilitas sosial
9. Merupakan gangguan dalam diri seseorang akibat adanya mobilitas sosial sehingga menyebabkan timbulnya penyakit darah tinggi, asam lambung, dan insomnia
10. Mobilitas yang terjadi karena naiknya orang-orang yang berstatus sosial rendah ke status sosial yang lebih tinggi disebut social ....
11. Bentuk perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan yang sama atau sederajat
13. Dampak negatif yang dapat ditimbulkan karena adanya persaingan dalam mencapai posisi atau strata yang lebih tinggi
16. Kemudahan seseorang untuk mengalami kenaikan status sosial karena kekayaan yang dimilikinya merupakan pendorong mobilitas sosial dari faktor ....
17. Tingkatan/kelas
18. Negara yang didalamnya terpelihara keamanan dan stabilitas ekonomi sehingga memudahkan terjadinya mobilitas sosial yaitu dari faktor ....
23. Sarana mobilitas sosial bagi masyarakat yang berprofesi sebagai dokter
C. Pedoman Penskoran Hasil Penyelesaian Tugas Mengisi Teka Teki Silang Materi Perubahan Akibat Interaksi Antarruang
- Setelah menyelesaikan tugas membuat teka-teki silang, peserta
didik mengumpulkan lembar hasil pengisian TTS kepada guru untuk
dinilai. Selanjutnya guru melakukan pemeriksaan dengan mengikuti pedoman
di bawah ini:
Pemberian skor per satu kunci jawaban diberikan 1 poin. Misalnya pada contoh TTS di atas, jumlah jawaban teka-teki sebanyak 26 kunci jawaban masing-masing 13 mendatar dan 13 menurun maka skornya menjadi 26. Untuk itu rumus menghitung nilai peserta didik adalah:
Nilai = ( Jumlah skor perolehan / 26 ) x 100 |