[Format Kisi-kisi IPS _ Rencana]

 

 

KISI KISI SOAL ASESMEN MADRASAH

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Satuan Pendidikan         : MTs. Tauhidul Afkar

Mata Pelajaran : IPS

Kelas/Semester               : IX/Genap

 

 

Alokasi Waktu           : 120 Menit

Kurikulum                   : 2013

Jumlah Soal                 : 40 Butir Soal

 

 

No.

Kompetensi Yang Diuji

Materi Esensial

Level Kognitif

Indikator Soal

Nomor

Soal

Bentuk Soal

3.1

Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna) dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya  terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan.

Kondisi geografis dengan aktivitas manusia

Pengetahuan dan pemahaman

(Mengidentifikasi)

Siswa dapat mengidentifikasi aktivitas manusia sesuai dengan kondisi lingkungannya

1

PG

Letak Geografis Indonesia

Pengetahuan dan pemahaman

(Mengidentifikasi)

Siswa dapat mengidentifikasi batas letak geografis Indonesia

2

PG

Peta

Aplikasi

(Menghitung)

Siswa dapat menghitung skala peta

3

PG

3.2

Mengidentifikas interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial ,ekonomi,dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembgan sosial budaya

 Interaksi sosial

Pengetahuan dan pemahaman

(Memahami)

Siswa dapat memahami pengertian interaksi sosial

4

PG

Bentuk –bentuk Interaksi sosial (7/1)

Pengetahuan dan pemahaman

(Memahami)

Siswa dapat memberi contoh bentuk interaksi sosial  proses disosiatif  bentuk pertentangan/konflik

5

PGk

4.1

Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan inter aksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan oleh faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,sosial, pendidikan dan politik 

Motif ekonomi

Pengetahuan dan Pemahaman

(Mendeskripsikan)

Siswa dapat mendeskripsikan motif tindakan ekonomi

6

PG

3.3

Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia.

Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral

Aplikasi

(Memberikan contoh)

Siswa dapat memberikan contoh kegiatan manusia sebagai makhluk sosial

7

PG

4.1

Mendeskripsikan uang dan lembaga  keuangan

uang

Membedakan (Aplikasi)

Dari data yang ditampilkan, siswa dapat membedakan fungsi asli dan fungsi turunan uang

8

PG

3.4

Memahami berpikir kronologi, perubahandankesinambungandalamkehidupanbangsa Indonesia padaaspekpolitik, sosial, budaya, geografis, danpendidikansejakmasapraaksarasampaimasa Hindu-Buddha, dan Islam.

 

Kerajaan kerajaan Islam di Indonesia

Pengetahuan dan pemahaman

(Menyebutkan)

Siswa dapat menyebutkan kerajaan karajaan islam di Indonesia

9

PG

Kerajaan Islam

Pengetahuan dan pemahaman

(menunjukan)

Siswa dapat menunjukan letak kerajaan Demak pada peta

10

PG

3.1

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik

Mengenal Negara-negara ASEAN

Menentukan (aplikasi)

Siswa dapat menentukan letak geografis ASEAN

11

PG

Mengenal Negara-negara ASEAN

Mengidentifikasi (pemahaman)

Siswa dapat mengidentifikasi tanggal berdirinya ASEAN

12

PGk

3.2

Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan kebangsaan

Bentuk –bentuk mobilitas sosial

Mengidentifikasi (Pemahaman)

Siswa dapat mengidentifkasi bentuk-bentuk mobilitas sosial

13

PG

3.3

Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam permintaan  dan penawaran, teknologi serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi, sosial, budaya, di Indonesia dan negara-

Keunggulan dan  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku  Ekonomi dalam Suatu    Perekonomian

Pengetahuan dan pemahaman

(Menentukan)

Siswa dapat menentukan Peran rumah tangga konsumen (RTK)

14

PG

Keunggulan dan  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku  Ekonomi dalam Suatu    Perekonomian

Pengetahuan dan pemahaman

 (Mengidentifikasi)

 

Siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk arus sumber pendapatan rumah tangga produksen 

15

PGk

Keunggulan dan  Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku  Ekonomi dalam Suatu    Perekonomian

Pengetahuan dan pemahaman

(Mejelaskan)

Siswa dapat menjelaskan      Kegiatan yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah

16

PGk

Perdagangan Antardaerah atau  Antarpulau dan  Perdagangan Internasional

Mengklasifikasi (aplikasi)

Siswa dapat mengklasifikasikan Kegiatan yang termasuk Ekonomi maritime (maritime economy)

17

PG

3.4

Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan

Masa Kolonialisme

Pengetahuan dan Pemahaman

(Menjelaskan)

Siswa dapat menjelaskan tujuan pemerintah Kolonial Belanda menjalankan sistem tanam paksa pada tahun 1830-1870

18

PG

Masa pergerakan nasional

Aplikasi

(Menjelaskan)

Siswa dapat menjelaskan tujuan ekonomi pada masa pendudukan Jepang di Indonesia

19

PG

Persiapan kemerdekaan

Aplikasi

(Mengklasifikasi)

Siswa dapat mengklasifikasi tokoh-tokoh perumus naskah kemerdekaan

20

PG

Tumbuh dan Berkembangnya  Semangat Kebangsaan

Pengetahuan dan pemahaman

(Menjelaskan)

Siswa dapat menjelaskan propaganda  semboyan “Tiga A”

41

U

3.3

Memahami konsep interaksi antara manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan           budaya Indonesia.

Hubungan antara kelangkaan dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia

Aplikasi

(Membuat)

-    Siswa dapat membuat kurva penawaran dari tabel

 

42

 

U

3.1

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan danpolitik.

 

Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya

Pengetahuan

Siswa dapat Mengidentifikasi iklim benua berdasarkan letak astronomis

21

PG

Kondisi geografis Benua Asia dan Benua lainnya

Pengetahuan

 

Siswa dapat mengidentifikasi letak negara di benua

22

PG

Flora dan Fauna Benua

Pemahaman

 

Siswa dapat menjelaskan flora dan funa benua

23

PG

4.1

  Menyajikan telaah tentang perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negaraAsia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Potensi sumber daya alam

Aplikasi

Siswa dapat memperoleh manfaat potensi sumber daya alam

24

PGk

 

 

Pertumbuhan Penduduk

Analisis

Siswa dapat menganalisis upaya menekan pertumbuhan penduduk

25

PG

3.2

Menganalisis perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan.

 

Perubahan Sosial Budaya

Pemahaman

Siswa dapat mengkategorikan jenis perubahan sosial budaya

26

PG

Globalisasi

Aplikasi

Siswa dapat menerapkan penggunaan teknologi dalam pendidikan di era globalisasi

27

PG

Globalisasi

Pemahaman

Siswa dapat mengkategorikan bidang-bidang dalam globalisasi

28

PG

4.2

Menyajikan hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan

Dampak positif dan negatif globalisasi

Pemahaman

Siswa dapat menjelaskan dampak negatif globalisasi

29

PG

Perubahan sosial budaya

Evaluasi

Siswa dapat menyimpulkan akibat perubahan sosial budaya

30

PG

3.3

Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat

Perdagangan International

Pemahaman

Siswa dapat mencirikan perdagangan international

31

PG

Perdagangan International

Pengetahun

Siswa dapat menjelaskan faktor pendorong perdagangan international

32

PG

Perdagangan International

Pemahaman

Siswa dapat menjelaskan hambatan perdagangan international

33

PG

Perdagangan International

Evaluasi

Siswa dapat membandingkan perkembangan ekspor-impor Indonesia

34

PGk

4.3

Menyajikan hasil analisis tentang Ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Pasar Bebas

Analisis

Siswa dapat menganalisis peluang indonesia dalam pasar bebas

35

PG

3.4

Menganalisiskronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

 

Pra Kemerdekaan

Analisis

Siswa dapat menganalisis tujuan Jepang memberikan janji kemerdekaan kepada bangsa Indonesia

36

PG

Demokrasi Parlementer

Pengetahuan

Siswa dapat menyebutkan masa berlakunya UUDS 1950

37

PG

Demokrasi Terpimpin

Evaluasi

Siswa dapat menganalisis model pemerintahan dengan keluarnya dekrit  presiden 5 Juli 1959

 

38

PGk

4.4

Menyajikan hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Orde Baru

Pengetahuan

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pada masa orde baru

39

PG

Masa Reformasi

Analisis

Siswa dapat menganalisis lahirnya masa reformasi

40

PG

3.1

Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

Karakteristik benua Asia

Pengetahuan

Siswa dapat menjelaskan karakteristik benua Asia

43

U

3.3

Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat

Perdagangan International

Analisis

Siswa dapat menganalisis dampak negatif perdagangan International bagi bangsa Indonesia

44

U

3.4

Menganalisiskronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi.

Masa Reformasi

Pengetahuan

Siswa dapat menyebutkan agenda masa reformasi

45

U

 

NB : LEVEL KOGNITIF

BENTUK SOAL

·         L1 (C1 dan C2)      : Pemahaman/Pengetahuan (Mudah)

·         L2 (C3)                     : Aplikasi (Sedang)

·         L3 (C4 s.d C6)        : Penalaran (Sukar)

·         PGK           : Pilihan Ganda Kompleks

·         MJD          : Menjodohkan

·         B/S            : Pilihan Ganda Benar / Salah

·         IS               : Isian Singkat

·         PG             : Piliahn ganda

·         S/TS          : PG (Setuju / Tidak Setuju)

·         U               : Uraian

·          

                                                                                              

…………………,   Februari 2023

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

……………………………….

 

0 Comments:

Post a Comment



Postingan populer dari blog ini

SOAL JELANG PAS 1 | IPS 9

SOAL-SOAL JELANG PTS 1 | IPS 9 | 2022/2023

Bahas Soal PTS S1 2223 | IPS kelas 7

By :
Free Blog Templates