[Format Kisi-kisi IPS _ Rencana]
KISI KISI SOAL ASESMEN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2022/2023
Satuan Pendidikan :
MTs. Tauhidul Afkar Mata Pelajaran :
IPS Kelas/Semester :
IX/Genap |
|
|
Alokasi Waktu : 120
Menit Kurikulum : 2013 Jumlah Soal :
40 Butir Soal |
No. |
Kompetensi Yang Diuji |
Materi Esensial |
Level Kognitif |
Indikator Soal |
Nomor Soal |
Bentuk Soal |
3.1 |
Memahami konsep ruang (lokasi, distribusi, potensi, iklim,bentuk muka bumi, geologis, flora dan fauna)
dan interaksi antarruang di Indonesia serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek
ekonomi, sosial, budaya, dan pendidikan. |
Kondisi geografis dengan aktivitas manusia |
Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi) |
Siswa dapat mengidentifikasi aktivitas manusia sesuai
dengan kondisi lingkungannya |
1 |
PG |
Letak Geografis Indonesia |
Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi) |
Siswa dapat mengidentifikasi batas letak geografis Indonesia |
2 |
PG |
||
Peta |
Aplikasi (Menghitung) |
Siswa dapat menghitung skala peta |
3 |
PG |
||
3.2 |
Mengidentifikas
interaksi sosial dalam ruang dan pengaruhnya terhadap kehidupan sosial
,ekonomi,dan budaya dalam nilai dan norma serta kelembgan sosial budaya |
Interaksi sosial |
Pengetahuan dan pemahaman (Memahami) |
Siswa
dapat memahami pengertian interaksi sosial |
4 |
PG |
Bentuk –bentuk Interaksi sosial (7/1) |
Pengetahuan dan pemahaman (Memahami) |
Siswa
dapat memberi contoh bentuk interaksi sosial
proses disosiatif bentuk
pertentangan/konflik |
5 |
PGk |
||
4.1 |
Menyajikan
telaah tentang perubahan keruangan dan inter aksi antarruang negara-negara
Asia dan benua lainnya yang diakibatkan oleh faktor alam, manusia dan
pengaruhnya terhadap kelangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi,sosial,
pendidikan dan politik |
Motif ekonomi |
Pengetahuan dan Pemahaman (Mendeskripsikan) |
Siswa dapat mendeskripsikan motif tindakan ekonomi |
6 |
PG |
3.3 |
Menganalisis konsep interaksi antara manusia dengan ruang
sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi (produksi, distribusi,
konsumsi, penawaran- permintaan) dan interaksi antarruang untuk
keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial dan budaya Indonesia. |
Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral |
Aplikasi (Memberikan contoh) |
Siswa
dapat memberikan contoh kegiatan manusia sebagai makhluk sosial |
7 |
PG |
4.1 |
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan |
uang |
Membedakan
(Aplikasi) |
Dari data yang ditampilkan, siswa dapat membedakan fungsi asli dan fungsi
turunan uang |
8 |
PG |
3.4 |
Memahami berpikir kronologi,
perubahandankesinambungandalamkehidupanbangsa Indonesia padaaspekpolitik,
sosial, budaya, geografis, danpendidikansejakmasapraaksarasampaimasa Hindu-Buddha,
dan Islam. |
Kerajaan kerajaan Islam di Indonesia |
Pengetahuan dan pemahaman (Menyebutkan) |
Siswa dapat menyebutkan kerajaan karajaan islam di
Indonesia |
9 |
PG |
Kerajaan Islam |
Pengetahuan dan pemahaman (menunjukan) |
Siswa dapat menunjukan letak kerajaan Demak pada peta |
10 |
PG |
||
3.1 |
Memahami perubahan keruangan dan interaksi antarruang di
Indonesia dan negara-negara ASEAN yang diakibatkan oleh faktor alam dan
manusia (teknologi, ekonomi, pemanfaatan lahan, politik) dan pengaruhnya
terhadap keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, budaya, dan politik |
Mengenal Negara-negara ASEAN |
Menentukan
(aplikasi) |
Siswa
dapat menentukan letak geografis
ASEAN |
11 |
PG |
Mengenal Negara-negara ASEAN |
Mengidentifikasi
(pemahaman) |
Siswa
dapat mengidentifikasi tanggal berdirinya ASEAN |
12 |
PGk |
||
3.2 |
Menganalisis pengaruh interaksi sosial dalam ruang yang
berbeda terhadap kehidupan sosial dan budaya serta pengembangan kehidupan
kebangsaan |
Bentuk –bentuk mobilitas sosial |
Mengidentifikasi
(Pemahaman) |
Siswa
dapat mengidentifkasi bentuk-bentuk mobilitas sosial |
13 |
PG |
3.3 |
Menganalisis keunggulan dan keterbatasan ruang dalam
permintaan dan penawaran, teknologi
serta pengaruhnya terhadap interaksi antarruang bagi kegiatan ekonomi,
sosial, budaya, di Indonesia dan negara- |
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku
Ekonomi dalam Suatu Perekonomian |
Pengetahuan dan pemahaman (Menentukan) |
Siswa dapat
menentukan Peran rumah tangga konsumen (RTK) |
14 |
PG |
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku
Ekonomi dalam Suatu Perekonomian |
Pengetahuan dan pemahaman (Mengidentifikasi) |
Siswa dapat mengidentifikasi yang termasuk arus sumber pendapatan rumah
tangga produksen |
15 |
PGk |
||
Keunggulan dan Keterbatasan Antarruang serta Peran Pelaku
Ekonomi dalam Suatu Perekonomian |
Pengetahuan dan pemahaman (Mejelaskan) |
Siswa dapat menjelaskan Kegiatan
yang dilakukan Rumah Tangga Pemerintah |
16 |
PGk |
||
Perdagangan Antardaerah
atau Antarpulau dan Perdagangan Internasional |
Mengklasifikasi
(aplikasi) |
Siswa
dapat mengklasifikasikan Kegiatan yang termasuk Ekonomi maritime (maritime
economy) |
17 |
PG |
||
3.4 |
Menganalisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang
(geografis, politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari masa
penjajahan sampai tumbuhnya semangat kebangsaan |
Masa Kolonialisme |
Pengetahuan dan Pemahaman (Menjelaskan) |
Siswa dapat menjelaskan tujuan pemerintah Kolonial Belanda
menjalankan sistem tanam paksa pada tahun 1830-1870 |
18 |
PG |
Masa pergerakan nasional |
Aplikasi (Menjelaskan) |
Siswa dapat menjelaskan tujuan ekonomi pada masa
pendudukan Jepang di Indonesia |
19 |
PG |
||
Persiapan kemerdekaan |
Aplikasi (Mengklasifikasi) |
Siswa dapat mengklasifikasi tokoh-tokoh perumus naskah
kemerdekaan |
20 |
PG |
||
Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan |
Pengetahuan dan pemahaman (Menjelaskan) |
Siswa dapat
menjelaskan propaganda semboyan “Tiga
A” |
41 |
U |
||
3.3 |
Memahami konsep interaksi antara
manusia dengan ruang sehingga menghasilkan berbagai kegiatan ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, permintaan, dan penawaran) dan interaksi
antarruang untuk keberlangsungan kehidupan ekonomi, sosial, dan budaya Indonesia. |
Hubungan antara kelangkaan
dengan permintaan-penawaran untuk kesejahteraan dan Persatuan Bangsa Indonesia |
Aplikasi (Membuat) |
-
Siswa dapat membuat kurva penawaran dari tabel |
42 |
U |
3.1 |
Memahami
perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua
lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan
danpolitik. |
Kondisi geografis Benua Asia dan Benua
lainnya |
Pengetahuan
|
Siswa dapat Mengidentifikasi iklim benua berdasarkan letak
astronomis |
21 |
PG |
Kondisi geografis Benua Asia dan Benua
lainnya |
Pengetahuan |
Siswa dapat mengidentifikasi letak negara di benua |
22 |
PG |
||
Flora dan Fauna Benua |
Pemahaman |
Siswa dapat menjelaskan flora dan funa benua |
23 |
PG |
||
4.1 |
Menyajikan telaah tentang perubahan
keruangan dan interaksi antarruang negara-negaraAsia dan benua lainnya yang
diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap keberlangsungan
kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan politik. |
Potensi sumber daya alam |
Aplikasi |
Siswa dapat memperoleh manfaat potensi sumber daya alam |
24 |
PGk |
|
|
Pertumbuhan Penduduk |
Analisis |
Siswa dapat menganalisis upaya menekan pertumbuhan
penduduk |
25 |
PG |
3.2 |
Menganalisis
perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia dalam menghadapi arus
globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan. |
Perubahan Sosial Budaya |
Pemahaman |
Siswa dapat mengkategorikan jenis perubahan sosial budaya |
26 |
PG |
Globalisasi |
Aplikasi |
Siswa dapat menerapkan penggunaan teknologi dalam
pendidikan di era globalisasi |
27 |
PG |
||
Globalisasi |
Pemahaman |
Siswa dapat mengkategorikan bidang-bidang dalam
globalisasi |
28 |
PG |
||
4.2 |
Menyajikan
hasil analisis tentang perubahan kehidupan sosial budaya Bangsa Indonesia
dalam menghadapi arus globalisasi untuk memperkokoh kehidupan kebangsaan |
Dampak positif dan negatif globalisasi |
Pemahaman |
Siswa dapat menjelaskan dampak negatif globalisasi |
29 |
PG |
Perubahan sosial budaya |
Evaluasi |
Siswa dapat menyimpulkan akibat perubahan sosial budaya |
30 |
PG |
||
3.3 |
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi,
pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat |
Perdagangan International |
Pemahaman |
Siswa dapat mencirikan perdagangan international |
31 |
PG |
Perdagangan International |
Pengetahun |
Siswa dapat menjelaskan faktor pendorong perdagangan
international |
32 |
PG |
||
Perdagangan International |
Pemahaman |
Siswa dapat menjelaskan hambatan perdagangan international |
33 |
PG |
||
Perdagangan International |
Evaluasi |
Siswa dapat membandingkan perkembangan ekspor-impor
Indonesia |
34 |
PGk |
||
4.3 |
Menyajikan
hasil analisis tentang Ketergantungan antarruang dilihat dari konsep ekonomi
(produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya terhadap
migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi, pekerjaan,
pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. |
Pasar Bebas |
Analisis |
Siswa dapat menganalisis peluang indonesia dalam pasar
bebas |
35 |
PG |
3.4 |
Menganalisiskronologi,
perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi. |
Pra Kemerdekaan |
Analisis |
Siswa dapat menganalisis tujuan Jepang memberikan janji
kemerdekaan kepada bangsa Indonesia |
36 |
PG |
Demokrasi Parlementer |
Pengetahuan |
Siswa dapat menyebutkan masa berlakunya UUDS 1950 |
37 |
PG |
||
Demokrasi Terpimpin |
Evaluasi |
Siswa dapat menganalisis model pemerintahan dengan
keluarnya dekrit presiden 5 Juli 1959 |
38 |
PGk |
||
4.4 |
Menyajikan
hasil analisis kronologi, perubahan dan kesinambungan ruang (geografis,
politik, ekonomi, pendidikan, sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal
reformasi. |
Orde Baru |
Pengetahuan |
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri pada masa orde baru
|
39 |
PG |
Masa Reformasi |
Analisis |
Siswa dapat menganalisis lahirnya masa reformasi |
40 |
PG |
||
3.1 |
Memahami
perubahan keruangan dan interaksi antarruang negara-negara Asia dan benua
lainnya yang diakibatkan faktor alam, manusia dan pengaruhnya terhadap
keberlangsungan kehidupan manusia dalam ekonomi, sosial, pendidikan dan
politik. |
Karakteristik benua Asia |
Pengetahuan |
Siswa dapat menjelaskan karakteristik benua Asia |
43 |
U |
3.3 |
Menganalisis ketergantungan antarruang dilihat dari konsep
ekonomi (produksi, distribusi, konsumsi, harga, pasar) dan pengaruhnya
terhadap migrasi penduduk, transportasi, lembaga sosial dan ekonomi,
pekerjaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat |
Perdagangan International |
Analisis |
Siswa dapat menganalisis dampak negatif perdagangan
International bagi bangsa Indonesia |
44 |
U |
3.4 |
Menganalisiskronologi,
perubahan dan kesinambungan ruang (geografis, politik, ekonomi, pendidikan,
sosial, budaya) dari awal kemerdekaan sampai awal reformasi. |
Masa Reformasi |
Pengetahuan |
Siswa dapat menyebutkan agenda masa reformasi |
45 |
U |
NB :
LEVEL KOGNITIF |
BENTUK
SOAL |
|
·
L1 (C1 dan C2) : Pemahaman/Pengetahuan (Mudah) ·
L2 (C3) : Aplikasi (Sedang) ·
L3 (C4 s.d C6) : Penalaran (Sukar) |
·
PGK : Pilihan
Ganda Kompleks ·
MJD : Menjodohkan ·
B/S : Pilihan
Ganda Benar / Salah ·
IS : Isian
Singkat |
·
PG : Piliahn
ganda ·
S/TS : PG (Setuju
/ Tidak Setuju) ·
U : Uraian ·
|
…………………, Februari 2023
Guru Mata
Pelajaran
……………………………….