MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
KELAS : VII (TUJUH)
GURU MAPEL : DUDI RIDWAN, S.Pd.I
1. Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan alat pemuas
kebutuhan disebut ….
A. Kejarangan C.
Keinginan
B. Kelangkaan D.
Keseringan
2. Suatu keinginan terhadap suatu barang atau jasa yang menuntut
adanya pemenuhan, yang apabila tidak dipenuhi akan mempengaruhi kehidupan,
disebut dengan ….
A. Kejarangan C. kebutuhan
B. Keseringan D.
kelangkaan
3. Dalam melangsungkan kehidupannya, manusia membutuhkan tempat
tinggal, pakaian dan makanan. Menurut intensitasnya, ketiga kebutuhan ini
disebut dengan kebutuhan ….
A. Primer C. Sekunder
B. Tersier D. Tidak ada jawaban yang benar
4. Kebutuhan manusia menurut sifatnya dibagi menjadi dua, yaitu
kebutuhan jasmani dan rohani. Di bawah ini adalah contoh kebutuhan jasmani,
kecuali ….
A. makanan C.
minuman
B. obat-obatan D. agama
5. Di sebuah keluarga, seorang ayah memberikan tutup kepala berupa
peci untuk anak laki-lakinya, dan kerudung untuk anak perempuannya. Hal ini
terjadi karena kebutuhan manusia dipengaruhi oleh ….
A. Tingkat pendidikan C.
Kemanjuan IPTEK
B. Tingkat pendapatan D.
Jenis kelamin
6. Salah satu contoh kebutuhan manusia yang dipengaruhi oleh
lingkungan tempat tinggal adalah ….
A. Anjing, bagi orang yang tinggal di tengah hutan untuk berburu.
B. Perahu, bagi orang yang tinggal di pesisir pantai.
C. Lampu, bagi orang yang tinggal di tempat gelap seperti gua.
D. Semua jawaban benar
7. Perhatikan pernyataan berikut ini.
(1) Ibu membeli tepung, telor dan mentega
(2) Ibu membuat adonan kue dengan tepung, telor dan mentega
(3) Ibu menggoreng telor dengan mentega
(4) Adik menyantap telor goreng
Dari pernyataan di atas, dilihat dari kegiatannya, maka
yang dikategorikan barang atau bahan setengah jadi adalah pernyataan nomor ….
A. (1) C. (2)
B. (3) D. (4)
8. Dilihat dari pernyataan pada soal nomor 7, barang yang
dikategorikan bahan mentah, terdapat pada pernyataan nomor ….
A. (1) C. (2)
B. (3) D. (4)
9. Ibu-ibu di lingkungan RT. 01 / RW. 02 membeli beras, kunyit,
garam, dan bumbu-bumbu lainnya untuk membuat tumpeng pada lomba agustusan dalam
rangka merayakan HUT RI. Kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh ibu-ibu tersebut
bermotif ….
A. Untuk memenuhi kebutuhan
B. Untuk berbuat sosial
C. Untuk mendapatkan penghargaan
D. Untuk memperoleh kekuasaan
10. Dalam kegiatan ekonomi, prinsip yang banyak dipakai dalam
keseharian adalah ….
A. Mendapatkan hasil maksimal dengan pengorbanan yang minimal
B. Mendapatkan hasil maksimal dengan pengorbanan yang maksimal
C. Mendapatkan untung besar dengan modal yang relatif kecil
D. Mendapatkan untung kecil dengan modal yang relatif besar
11. Menyalurkan barang dengan tepat sasaran, tepat waktu dan tepat
tempat, adalah penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan ….
A. Distribusi C.
Konsumsi
B. Produksi D.
Restribusi
12. Kegiatan menghasilkan barang/jasa atau kegiatan menambah nilai
guna adalah pengertian dari ….
A. Konsumsi C. Distribusi
B. Produksi D.
Restribusi
13. Perhatikan pernyataan berikut:
(1) Kacang kedelai diolah menjadi tempe atau tahu.
(2) Jaket digunakan saat hujan turun.
(3) Pasir lebih berguna apabila ditempatkan di toko bangunan.
(4) Sepatu belum memiliki kegunaan apabila masih dipajang di toko.
Kegiatan yang menambah
nilai guna suatu barang karena tepat waktu penggunaannya, dinyatakan oleh nomor
….
A. (1) C. (3)
B. (2) D. (4)
14. Faktor-faktor pendukung kegiatan produksi, dibawah ini adalah ….
A. Tenaga kerja C. Modal
B. Kewirausahaan D. semua
jawaban benar
15. Dalam kegiatan ekonomi, ada distribusi langsung dari produsen
kepada konsumen tanpa perantara. Contoh kegiatan tersebut adalah ….
A. Pabrik tekstik menyalurkan kainnya melalui penyalur khusus
B. Pedagang sate langsung menjual kepada pembeli
C. Pedagang warungan menjual kembali barang yang dibelinya dari
toko grosir
D. Kurir dari sebuah jasa pengantar paket mengirimkan barang ke
konsumen
16. Setiap kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan
setiap barang baik secara langsung ataupun berangsur-angsur adalah pengertian
dari kegiatan ….
A. Distribusi B.
Konsumsi
B. Produksi C.
Regulasi
17. Ibu Dian membeli sayuran dengan nominal tertentu. Nilai nominal
tertentu yang ditukarkan oleh pembeli kepada penjual disebut ….
A. Pasar C. Harga
B. Permintaan D.
Penawaran
18. Berikut ini adalah hal-hal yang diantaranya menjadi unsur-unsur
pasar, kecuali ….
A. Penjual C. Pembeli
B. Barang D. pemerintah
19. Salah satu fungsi pasar adalah memperkenalkan hasil produksi
sebuah perusahaan kepada masyarakat. Pernyataan di samping menunjukan bahwa
pasar mempunyai fungsi ….
A. Fungsi distribusi C.
fungsi promosi
B. Fungsi pembentuk harga D.
fungsi produksi
20. Pasar yang wujudnya ada penjual, ada pembeli, dan ada barang
yang diperjualbelikan, disebut pasar ….
A. Pasar kongkrit D.
pasar abstrak
B. Pasar kecil E.
pasar besar
21. Tempat dimana kita bisa menemukan peninggalan-peninggal sejarah
adalah ….
A. Kantor pos C. Terminal
B. Stadium D. Museum
22. Peninggalan sejarah berupa tulang-benulang atau sisa-sisa
tumbuhan yang sudah membatu disebut dengan ….
A. Artefak C.
Fosil
B. Prasasti D.
Monumen
23. Pra sejarah yang merupakan zaman dimana manusia belum mengenal
tulisan disebut juga dengan ….
A. Nirleka C. Nirkabel
B. Nirmala D.
Nirvana
24. Periodisasi zaman prasejarah dibagi menjadi dua, yaitu ….
A.
Geologis dan biologis C. arkeologis dan koreografis
B.
Geologis dan arkeologis D. geometris dan arkeologis
25. Binatang purba dari zaman prasejarah yang kita kenal adalah ….
A.
Kijang C. Bison
B.
Dinosaurus D. Banteng
26. Secara geologis zaman prasejarah dibagi menjadi 4. Zaman yang
menjadi batas terakhir prasejarah adalah ….
A.
Palaeozoikum C. Neozoikum
B.
Arkaikum D. Mesozoikum
27. Yang menjadi ciri zaman logam pada masa prasejarah adalah dengan
ditemukannya …. kecuali ….
A.
Besi C. Perunggu
B.
Tembaga D. Alumunium
28. Peninggalan sejarah zaman megalitik yang terdapat di
daerah Cianjur – Jawa barat adalah ….
A.
Gunung Pangrango C. Gunung Uhud
B.
Gunung Gede D. Gunung Padang
29. Menurut sejarah, nenek moyang Bangsa Indonesia yang berasal dari
….
A.
Cina dan India C. Cina dan Amerika
B.
India dan Arab D. Amerika dan Inggris
30. Menurut sejarah, kehidupan manusia masa lampau sering
berpindah-pindah tempat. Kehidupan seperti ini disebut dengan istilah ….
A.
Nomaden C. Waruga
B.
Sarkofagus D. Dolmen
31. Posisi dan letak Indonesia yang menjadi bagian dari arus
perdagangan Cina dan India, menjadi salah satu penyebab munculnya pengaruh ….
A.
Hindu – Buddha C. Hindu – Katolik
B.
Buddha – Protestan D. Islam – Hindu
32. Diantara nilai-nilai budaya masa praaksara di Indonesia adalah
kepercayaan bahwa benda-benda tertentu memiliki kekuatan ghaib. Kepercayaan seperti
ini disebut dengan ….
A.
Animisme C. Atheisme
B.
Dinamisme D. Polyteisme
33. Nilai kebersamaan pada masa praaksara semisal dalam membangun
rumah secara bersama-sama, kebudayaan seperti ini diistilahkan dengan ….
A.
Gotong pikul C. Gotong royong
B.
Bakti sosial D. Bakti royong
34. Dalam kehidupan masyarakat Indonesia masa prasejarah,
nilai-nilai musyawarah dapat dilihat dari ….
A.
Pemilihan pimpinan dari
orang yang paling tua
B.
Pembangunan rumah
C.
Tempat tinggal
berpindah-pindah
D.
Tidak ada jawaban yang
benar
35. Pembagian tugas antara kaum laki-laki dan kaum perempuan, hal
ini mencerminkan nilai ….
A.
Ketidak-adilan C. Diskriminasi
B.
Keadilan D. Kecongkakan
36. Perahu cadik yang dikedua sisinya dipasang alat dari bambu dan
kayu, menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia zaman prasejarah telah mengenal
budaya ….
A. bercocok tanam C.
nomaden
B. bahari D.
barter
37. Penyebaran kebudayaan hindu-buddha menurut teori brahmana, dilakukan
oleh kaum ….
A. Waisya C.
Cendikia
B. Tentara D.
Ksatria
38. Peninggalan kebudayaan hindu-buddha dalam hal pemerintahan adalah
kerajaan. Setelah masuknya kebudayaan Islam, kerajaan diganti menjadi ….
A. Keratuan C.
kepresidenan
B. Kesultanan D.
Kementerian
39. Tempat ibadah umat islam adalah ….
A. Candi C.
Masjid
B. Vihara D.
Gereja
40. Kebudayaan islam dalam bidang tulis menulis disebut dengan ….
A. Kaligrafi C.
Fotografi
B. Koreografi D.
Demografi
41. Teori yang menyatakan bahwa penyebaran hindu-buddha dilakukan oleh
pemuda Indonesia yang belajar agama hindu-buddha ke india dan setelah berhasil
kembali ke Indonesia, adalah ….
A. Teori waisya C.
teori arus balik
B. Teori ksatria D.
teori brahmana
42. Sistem pemerintahan masyarakat Indonesia sebelum hindu-buddha
adalah dipimpin oleh kepala suku. Setelah hindu-buddha masuk, sistem pemerintahan
dipimpin oleh ….
A. Raja C.
Sultan
B. Patih D.
Putri
43. Sistem bidang sosial pada masa hindu-buddha dibagi menjadi 4
kasta. Kasta terendah yang merupakan rakyat biasa adalah ….
A. Sudra C.
Ksatria
B. Brahmana D.
Waisya
44. Seni rupa dan seni ukir peninggalan kebudayaan hindu-buddha
dapat dilihat dengan adanya ….
A. Kaligrafi C.
pahatan dinding candi
B. Tulisan pada prasasti D.
Semua jawaban salah
45. Penyebaran kebudayaan hindu-buddha dibawa oleh pedagang-pedagang
dari India. Pedagang-pedagang tersebut menetap, kemudian melakukan perkawinan
dengan perempuan-perempuan pribumi. Teori ini adalah teori ….
A. Ksatria C.
Waisya
B. Bramana D.
Cendikia
46. Candi terbesar yang merupakan peninggalan sejarah hindu-buddha
di Indonesia adalah ….
A. Borobudur C.
Prambanan
B. Mendut D.
Cangkuang
47. Kebudayaan berupa seni satra dan aksara berkembang melalui pertunjukan
….
A. Seni kaligrafi C.
Seni wayang
B. Seni photografi D.
Seni tari
48. Kerajaan-kerajaan Islam yang mewarnai sejarah Indonesia yang
kemudian disebut kesultanan diantaranya adalah ….
A. Kesultanan Samudera Pasai C.
kesultanan Aceh Darussalam
B. Kesultanan Goa Makasar D.
Semua jawaban benar
49. Kesultanan Goa Makasar mencapai puncak kejayaan pada masa ….
A. Sultan Hasanudin C.
Sultan Agung Tirtayasa
B. Sultan trenggana D.
Raden Patah
50. Peninggalan kebudayaan Islam dari segi bangunan dapat dilihat
dengan adanya menara masjid di Jawa Tengah yaitu ….
A. Menara Kudus C.
Menara Demak
B. Menara Pati D.
Menara Eifel
1. BCADD DCACC
2. ABBDB BCDCA
3. DCABB CDDAA
4. AACAB BCBCA